Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model administrasi bimbingan dan konseling kurikulum 2013 (2) Mendeskripsikan rancangan dan konsep model administrasi bimbingan dan konseling berbasis kurikulum merdeka. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dipilih untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling. Objek dari penelitian merupakan data primer dalam penelitian ini yakni Guru BK, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan Kepala Sekolah serta data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen administrasi Guru BK. Instrumen berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi divalidasi oleh ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan yang Kurang Matang (2) Pelaksanaan yang Tidak Konsisten (3) Monitoring dan Evaluasi yang Lemah (4) Kurangnya Kolaborasi (5) Kurangnya Penggunaan Data. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi langsung disekolah. Hal ini berarti bahwa manajemen BK yang efektif dan efisien sangat penting untuk memastikan layanan BK yang optimal bagi peserta didik
Copyrights © 2025