Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas III di SDN 29 Singkawang, khususnya dalam menulis cerita dongeng. Berdasarkan hasil observasi, siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun alur cerita, serta menggunakan ejaan, tanda baca, dan huruf kapital secara tepat. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang bervariasi, sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan menulis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah melalui media gambar seri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Keterampilan menulis cerita dongeng masih rendah, Media gambar seri yang kreatif belum digunakan dalam pembelajaran menulis cerita dongeng, Siswa kesulitan dalam menentukan ide pokok dan mengembangkannya jadi cerita dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain the nonequivalent posttest-Only control grup design. Subjek penelitian berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis sebelum dan sesudah penggunaan media gambar seri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis siswa meningkat dari 60 menjadi 70,2 setelah perlakuan. Hasil uji t menunjukkan nilai Thitung sebesar 4,441 lebih besar dari Ttabel 2,030 dengan signifikansi 5%, yang Secara praktis, Penggunaan media gambar seri terbukti meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan membantu menuangkan ide secara runtut dan menarik berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Selain itu, nilai Effect Size sebesar 1,46 termasuk dalam kategori besar, yang menandakan media gambar seri memberikan pengaruh kuat terhadap keterampilan menulis siswa. Dengan demikian, media gambar seri efektif digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dongeng secara kreatif dan terstruktur.
Copyrights © 2025