Hasil penelitian dari data yang didapat oleh peneliti, adalah sebelum diterapkannya metode Scaffolding, kemandirian belajar peserta didik sangatlah minim terbukti dengan presentase kumulatif dari hasil angket. Dengan presentase indikator jawaban “selalu” mendapatkan 27,4%, indikator jawaban “sering” mendapatkan 22,3%, indikator jawaban “kadang” mendapatkan 26,3% dan jawaban “tidak pernah” mendapatkan 21%. Kemandirian belajar peserta didik terbukti meningkat setelah diterapkannya metode Scaffolding yakni dari hasil angket yang diberikan kepada siswa dengan presentase indikator jawaban “selalu” mendapatkan 58,5%, indikator jawaban “sering” mendapatkan 27,2%, indikator jawaban “kadang” mendapatkan 11,2% dan jawaban “tidak pernah” mendapatkan 3,8%. Keterkaitan dari hasil peningkatan kemandirian belajar peserta didik dengan penerapan metode Scaffolding diuji dengan analisis Uji-T, dimana mendapatkan hasil yang signifikan
Copyrights © 2025