Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 4 No 1 (2025): 2025

PENERAPAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MIN 1 PATI

Istiqomah (Unknown)
Fauzi, Afif Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Hasil penelitian dari data yang didapat oleh peneliti, adalah sebelum diterapkannya metode Scaffolding, kemandirian belajar peserta didik sangatlah minim terbukti dengan presentase kumulatif dari hasil angket. Dengan presentase indikator jawaban “selalu” mendapatkan 27,4%, indikator jawaban “sering” mendapatkan 22,3%, indikator jawaban “kadang” mendapatkan 26,3% dan jawaban “tidak pernah” mendapatkan 21%. Kemandirian belajar peserta didik terbukti meningkat setelah diterapkannya metode Scaffolding yakni dari hasil angket yang diberikan kepada siswa dengan presentase indikator jawaban “selalu” mendapatkan 58,5%, indikator jawaban “sering” mendapatkan 27,2%, indikator jawaban “kadang” mendapatkan 11,2% dan jawaban “tidak pernah” mendapatkan 3,8%. Keterkaitan dari hasil peningkatan kemandirian belajar peserta didik dengan penerapan metode Scaffolding diuji dengan analisis Uji-T, dimana mendapatkan hasil yang signifikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMI (Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Juni dan Agustus, dan Desember. Selanjutnya jurnal ini diterbitkan ...