Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training
Vol. 2 No. 1 (2025): Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam di SMP Negeri 1 Panton Ree

Enda Marlia (Unknown)
Hayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter, nilai, dan moral peserta didik agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Namun, proses pembelajaran PAI seringkali masih berpusat pada guru dan cenderung pasif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panton Reu melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap di setiap siklusnya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII-A. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata dari 71 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan klasikal dari 43,75% menjadi 84,37%. Penerapan PBL juga mendorong peningkatan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, model PBL dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, membangun keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah di kalangan siswa SMP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeptt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training is a peer-reviewed, on-line academic journal devoted to research in the field of Education, Teaching, and Teacher Training. The journal is published twice a year in May and November. Authors must register to this journal before submitting their ...