Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan siswa dalam melaksanakan sholat wajib melalui penerapan strategi Modelling the Way di kelas III SD Negeri 2 Panteraja. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami dan mempraktikkan gerakan serta bacaan sholat wajib dengan benar, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Strategi Modelling the Way dipilih karena menekankan pada pembelajaran berbasis keteladanan, di mana guru berperan sebagai model yang memperagakan keterampilan yang diharapkan dapat ditiru oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas III SD Negeri 2 Panteraja. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik sholat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari 67,8% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Nilai rata-rata keterampilan sholat meningkat dari 60,2 menjadi 85,0 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian, penerapan strategi Modelling the Way terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan keterampilan ibadah siswa, sekaligus membentuk sikap religius, tanggung jawab, dan kedisiplinan spiritual
Copyrights © 2025