Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan perilaku sabar anak kelompok B di RA Attaqwa 31 Azzumar melalui permainan estafet bola. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kesabaran anak, seperti sulit menunggu giliran dan tergesa-gesa saat bermain. Penelitian menggunakan model Hopkins dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok B dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Pada pra siklus, hanya 25% anak yang berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Setelah tindakan pada siklus I, jumlah anak yang mencapai kategori BSH meningkat menjadi 58,33%. Pada siklus II hasilnya meningkat hingga 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa permainan estafet bola efektif melatih kesabaran anak, khususnya dalam menunggu giliran, mengendalikan diri, dan menyelesaikan tugas dengan tekun. Dengan demikian, permainan estafet bola dapat dijadikan strategi pembelajaran di RA/PAUD untuk mengembangkan aspek sosial-emosional, terutama kesabaran anak, melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna
Copyrights © 2025