Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training
Vol. 1 No. 1 (2024): MAY 2024

Strategi Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Menggambar di TK Negeri 1 Gunung Meriah

Irmayani (Unknown)
Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Masa usia dini merupakan periode penting dalam perkembangan manusia yang dikenal sebagai masa emas (golden age), di mana kemampuan motorik halus dan kreativitas anak berkembang pesat. Berdasarkan kegiatan di TK SPF PAUD Negeri 1 Gunung Meriah, terdapat 10 dari 12 anak atau 83,33% anak yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan imajinasinya dalam menggambar dan cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan menggambar berbasis observasi di kelas B TK SPF PAUD Negeri 1 Gunung Meriah. Metode penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan analisis hasil gambar menggunakan kriteria BB, MB, BSH, dan BSB. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kreativitas anak antara Siklus 1 dan Siklus 2, dengan persentase peningkatan sebesar 33,33% dan nilai ketuntasan akhir mencapai 75%. Aktivitas menggambar berbasis observasi terbukti efektif dalam mendukung peningkatan kreativitas anak usia dini serta memberikan implikasi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih bermakna. Oleh karena itu, para pendidik dapat memanfaatkan metode menggambar berbasis observasi dengan variasi subtema yang beragam untuk mengoptimalkan peningkatan kreativitas anak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeptt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Education, Pedagogy and Teacher Training is a peer-reviewed, on-line academic journal devoted to research in the field of Education, Teaching, and Teacher Training. The journal is published twice a year in May and November. Authors must register to this journal before submitting their ...