SIGMA
Vol 11, No 1 (2025): SIGMA

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN 6C DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Prakoso, Yoga Beny (Unknown)
Fitriandini, Juliasari (Unknown)
Umam, Muhammad Khadafi Haidil (Unknown)
Indrawatiningsih, Nonik (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Keterampilan abad 21 yang terangkum dalam konsep 6C (berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, kewarganegaraan, dan karakter) merupakan kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh siswa untuk menghadapi tantangan global. Pembelajaran matematika dinilai memiliki potensi besar dalam mendukung pengembangan keterampilan tersebut. Namun, pendekatan pembelajaran yang masih konvensional seringkali menjadi hambatan dalam mencapai tujuan tersebut. Artikel ini mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pengembangan keterampilan 6C dalam pembelajaran matematika melalui studi literature review dari berbagai sumber. Hasil kajian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, khususnya keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas (4C). Namun, sebagian besar penerapannya masih kurang menekankan pada penguatan karakter dan kewarganegaraan yang merupakan bagian dari keterampilan 6C.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...