Keterampilan abad 21 yang terangkum dalam konsep 6C (berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, kewarganegaraan, dan karakter) merupakan kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh siswa untuk menghadapi tantangan global. Pembelajaran matematika dinilai memiliki potensi besar dalam mendukung pengembangan keterampilan tersebut. Namun, pendekatan pembelajaran yang masih konvensional seringkali menjadi hambatan dalam mencapai tujuan tersebut. Artikel ini mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pengembangan keterampilan 6C dalam pembelajaran matematika melalui studi literature review dari berbagai sumber. Hasil kajian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21, khususnya keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas (4C). Namun, sebagian besar penerapannya masih kurang menekankan pada penguatan karakter dan kewarganegaraan yang merupakan bagian dari keterampilan 6C.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025