Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Pengembangan Media Permainan Prisca (Petualangan Rasional Imajinatif Seru Cita Anak) Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun

Hertaning, Prisca Kamila (Unknown)
Iriyanto, Tomas (Unknown)
Astuti, Wuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa board game “PRISCA” yang layak, praktis, dan menarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media PRISCA dinyatakan sangat layak dari ahli materi dari ahli media. Hasil uji keterlaksanaan menunjukkan media ini dapat digunakan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media board game PRISCA layak, praktis, dan menarik digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...