Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa board game “PRISCA” yang layak, praktis, dan menarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media PRISCA dinyatakan sangat layak dari ahli materi dari ahli media. Hasil uji keterlaksanaan menunjukkan media ini dapat digunakan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media board game PRISCA layak, praktis, dan menarik digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2025