PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Pengembangan LKPD Digital (E-LKPD) Berbasis Steam Berbantuan CANVA Materi Mengenal Peta Pada Kelas IV Sekolah Dasar

Kamila, Ilhama (Unknown)
Amalia, Shofi Nur (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mengetahui Pengembangan LKPD Digital (E-LKPD) Berbasis STEAM Berbantuan Canva Materi Mengenal Peta 2) Mengetahui Validasi LKPD Digital (E-LKPD) Berbasis STEAM Berbantuan Canva Materi Mengenal Peta 3) Mengetahui kelayakan LKPD Digital (E-LKPD) Berbasis STEAM Berbantuan Canva Materi Mengenal Peta 4) Mengetahui kemenarikan LKPD Digital (E-LKPD) Berbasis STEAM Berbantuan Canva Materi Mengenal Peta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan FourD (4D). Model ini dilakukan melalui empat tahapan yakni define, design, development, dan disseminate. Dari penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut 1) Tahapan pengembangan telah dilampaui mulai dari analisis siswa, capaian pembelajaran, konten pembelajaran, model pembelajaran, lingkungan belajar sampai pada tahap validasi dan penyebaran angket 2) Skor sebesar 95,5% merupakan hasil validasi ahli materi dengan predikat “sangat valid”. 3) Skor sebesar 86,6% adalah hasil validasi ahli materi dengan predikat yang sama seperti sebelumnya yaitu “sangat valid”. 4) sedangkan hasil validasi kelayakan memperoleh skor sebesar 95% dengan predikat “sangat layak”, untuk hasil validasi kemenarikan LKPD memperoleh skor rata-rata sebesar 90,4% dengan predikat “sangat menarik”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...