Instagram sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat besar di Indonesia, menjadikannya platform yang potensial untuk diseminasi informasi bisnis. PT Kimia Farma Diagnostika memanfaatkan Instagram melalui program Good News From Diagnostika (GNFD) untuk menyampaikan informasi terkait aktivitas unit bisnis perusahaan dengan cara yang menarik, informatif, dan relevan. Program ini dirancang untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan menyajikan konten yang mudah dipahami dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konten visual dan narasi GNFD yang ada pada akun Instagram corporate PT Kimia Farma Diagnostika (@kimiafarmadiagnostika.id) digunakan untuk mendiseminasikan informasi bisnis kepada publik, dengan fokus pada efektivitas penggunaan elemen-elemen visual dan narasi dalam menyampaikan pesan yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis isi, berfokus pada teori desain komunikasi visual untuk mengkaji elemen-elemen seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, warna, layout, logo, dan narasi dalam setiap unggahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram PT Kimia Farma Diagnostika berhasil mengomunikasikan informasi bisnis dengan cara yang ringan, konsisten, dan mudah dipahami, dengan penekanan pada gaya visual yang profesional dan narasi yang komunikatif. Elemen visual dan narasi yang saling melengkapi mampu menciptakan citra positif perusahaan dan memperkuat hubungan dengan publik. Secara keseluruhan, penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan Instagram dalam diseminasi informasi bisnis dapat memperkuat citra perusahaan dan meningkatkan kesadaran publik terhadap aktivitas bisnis yang dilakukan.
Copyrights © 2025