Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media pembelajaran berbasis video animasi 3D sebagai sarana edukatif dalam meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan pada siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan lingkungan di jenjang sekolah dasar, yang masih didominasi oleh metode ceramah sehingga menyulitkan siswa memahami konsep abstrak. Pengalaman peneliti di PT Stechoq Robotika Indonesia dan di SDN Sungai Miai 5 Banjarmasin turut memperkuat urgensi pengembangan media inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif melalui tahapan PRISMA dan analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer terhadap 15 artikel terpilih. Hasil kajian menunjukkan bahwa video animasi 3D terbukti efektif dalam menyampaikan konsep kebersihan lingkungan karena mampu menarik perhatian, meningkatkan pemahaman, serta mendorong partisipasi aktif siswa. Visualisasi yang menarik dan alur cerita yang kontekstual menjadikan animasi 3D sebagai media yang mampu menyampaikan pesan moral dan edukatif secara lebih mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21.
Copyrights © 2025