JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Model Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gebang Pada Materi Virus

Anggraini, Tri Vanesa (Unknown)
Rahmadina, Rahmadina (Unknown)
Khairuna, Khairuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi yang masih didominasi metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang pada materi virus. Materi virus dipilih karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari dan menuntut pemahaman kritis, misalnya dalam mengenali ciri, struktur, serta peran virus yang dapat merugikan maupun bermanfaat. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eskperimen dengan penerapan model active knowledge sharing dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 26% pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol hanya 15%. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model ini berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...