Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi yang masih didominasi metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang pada materi virus. Materi virus dipilih karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari dan menuntut pemahaman kritis, misalnya dalam mengenali ciri, struktur, serta peran virus yang dapat merugikan maupun bermanfaat. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eskperimen dengan penerapan model active knowledge sharing dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 26% pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol hanya 15%. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model ini berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025