JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Perancangan UI/UX Sistem E-training Berbasis Web Menggunakan Metode Design Thinking

Sekarani, Dea Ayu (Unknown)
Aryani, Reni (Unknown)
A., Muhammad Razi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Dalam era digitalisasi, penerapan teknologi informasi dalam kegiatan pelatihan karyawan menjadi faktor penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) pada sistem e-training berbasis web di PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (PT. LPPPI) menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data diperoleh melalui observasi langsung dan wawancara dengan 20 responden yang terdiri dari karyawan, training coordinator, unit head, pihak IT, dan academy. Hasil penelitian menghasilkan rancangan prototipe sistem e-training berbasis web dengan fitur utama seperti digital approval, absensi berbasis QR Code, dan pelaporan otomatis. Pengujian dilakukan menggunakan in-person usability testing melalui platform Maze serta metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian Maze untuk academy menunjukkan skor usability sebesar 100 yang termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan hasil SUS memperoleh nilai rata-rata 88,75 dengan kategori acceptable dan excellent grade (A). Hasil ini menunjukkan bahwa rancangan UI/UX yang dihasilkan mudah digunakan, diterima oleh pengguna, serta mampu meningkatkan efektivitas proses pelatihan di PT. LPPPI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...