Jurnal Lazuardi
Vol 8 No 3 (2025): Vol 8 No 3 (2025): JURNAL LAZUARDI EDISI XVIII BULAN SEPTEMBER

Analisis Kearifan Lokal Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan Modul Ajarnya di Kelas XII SMA

Hanan, Adila (Unknown)
Joko Purwanto (Unknown)
Nurul Setyorini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kearifan lokal yang terkandung dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy; (2) modul ajar novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Kearifan lokal dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy meliputi (a) peralatan dan perlengkapan kehidupan manusia: tempat berlindung; makanan, (b) mata pencaharian dan sistem ekonomi: pedagang, (c) Sistem kemasyarakatan: kekerabatan; sosial, (d) bahasa: bahasa lampung, (e) kesenian: mahkota siger; tari bedana kreasi, (f) sistem pengetahuan: alam sekitar; alam fauna; alam flora; sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia; ruang waktu, (g) sistem religi: ritual agama; guru/pemimpin agama; (3) Modul ajar teks novel di kelas XII SMA berdasarkan kurikulum merdeka terdapat tujuan pembelajaran 12.6 Peserta didik menganalisis kearifan lokal yang terkandung dari novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran novel menggunakan model Problem Based Learning (PBL) atau Problem Based Instruction (PBI) dengan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab. Kata kunci: Kembara Rindu, kearifan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lazuardijournal

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal Lazuardi is published by The Indonesian Language and Literature Education Study Program, Nusa Cendana University. This is a research journal that publishes various studies, literature studies and scientific research on phonetics, phonology, morphology, syntax, discourse analysis, pragmatics, ...