Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung proses pembelajaran anak serta pengaruhnya terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan karakter peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipatif terhadap enam narasumber, yang terdiri dari guru, orang tua siswa, tokoh masyarakat, dan ketua komite sekolah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kolaborasi tersebut terwujud melalui komunikasi yang intens, partisipasi aktif keluarga dan masyarakat dalam berbagai aktivitas sekolah, serta dukungan sosial dan material yang memperkuat proses pembelajaran. Dampak dari kolaborasi ini mencakup peningkatan motivasi belajar, pembentukan karakter positif, kesejahteraan emosional siswa, keterlibatan aktif orang tua, serta kontribusi masyarakat dalam penyediaan sarana pendidikan. Nilai-nilai budaya lokal seperti gotong royong dan sikap saling menghormati (siri’ na pacce) turut memperkuat sinergi antar pihak, menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi kolaborasi dan nilai budaya lokal dalam mendukung pendidikan anak yang bermutu dan berkarakter.This study aims to explore the forms of cooperation between schools, families, and communities in supporting the learning process of children and its influence on improving the quality of education and developing students' character. The approach used is qualitative, with data collection conducted through semi-structured interviews and participatory observation of six resource persons, comprising teachers, parents, community leaders, and the head of the school committee. The research findings reveal that collaboration is realized through intense communication, active participation of families and communities in various school activities, and social and material support that strengthens the learning process. The impact of this collaboration includes increased learning motivation, positive character development, improved students' emotional well-being, active parental involvement, and community contributions to the provision of educational facilities. Local cultural values such as gotong royong and mutual respect (sir na pace) also strengthen the synergy between parties, creating a harmonious and sustainable learning environment. This research confirms the importance of integrating collaboration and local cultural values in supporting the development of quality and character education in children.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025