AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 9 No 2 (2025): September

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN MAHAROH QIRO’AH SISWA KELAS X IPA di MA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA

Yusuf, Soleman (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Keberagaman peserta didik sangat mempengaruhi hasil belajar di kelas. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan maharoh qiro’ah siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan dimulai dengan kegiatan prasiklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada 11 peserta didik kelas X IPA di MA Muhammadiyah Kota Bima. Pada siklus I, terdapat sebanyak 2 orang yang tuntas dan 9 orang belum tuntas dengan nilai rata-rata 60,2 % dan secara klaksikal hanya 18,1%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan pencapaian hasil belajar yang lebih baik, terdapat 9 orang yang tuntas dan 2 orang yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 81,1 %, dan nilai ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,8 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan maharoh qiro’ah siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X IPA di MA Muhammadiyah Kota Bima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...