SWARNA
Vol. 4 No. 5 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2025

Pemberdayaan Anak Melalui Pelatihan Mewarnai untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif di Sekolah Dasar

Burhan, Zakir (Unknown)
Rosita, Fadma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberdayakan anak sekolah dasar melalui pelatihan mewarnai sebagai upaya meningkatkan keterampilan kreatif mereka. Kreativitas anak pada usia sekolah dasar merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif, emosional, dan sosial, sehingga membutuhkan dukungan berupa kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif. Metode kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mewarnai, mulai dari pengenalan teknik dasar, pemilihan warna, hingga praktik langsung dengan media yang bervariasi. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan mewarnai mampu meningkatkan minat anak dalam berkarya, memperkaya keterampilan motorik halus, serta memunculkan ide-ide kreatif yang orisinal. Selain itu, anak menjadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri melalui karya seni sederhana. Pengabdian ini juga menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan dari sekolah dan guru dalam menyediakan ruang kreatif bagi siswa. Dengan demikian, pelatihan mewarnai terbukti efektif sebagai media pemberdayaan anak di sekolah dasar guna mendukung pengembangan potensi kreatif sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service, with the online registered number E-ISSN 2963-184X. This multidisciplinary scientific journal in the field of community service is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada ...