Penelitian ini difokuskan pada analisis pengaruh kreativitas dan inovasi dalam berusaha terhadap minat beli konsumen, dengan penerapan konsep Starling pada bisnis Kopi Pablo yang beroperasi di Kota Padang. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan pemilihan sampel dilakukan secara purposive, sehingga diperoleh sebanyak 97 orang responden sebagai partisipan dalam studi ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta pengujian statistik seperti uji normalitas, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Penelitian ini menemukan bahwa baik elemen kreativitas maupun inovasi usaha secara individual maupun kolektif berkontribusi secara positif dan signifikan dalam memengaruhi minat beli konsumen. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh bentuk persamaan regresi linear sebagai berikut: Y = 4,186 + 0,363X1 + 0,446X2 + e. Nilai koefisien determinasi sebesar 49,9% mengindikasikan bahwa hampir setengah variasi dalam minat beli konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Penelitian ini memberikan bukti bahwa peningkatan kreativitas dan inovasi merupakan komponen strategis dalam menarik minat konsumen dan menjaga keberlangsungan usaha Kopi Pablo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025