Guru memiliki peran yang penting dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran berarti bahwa kegiatan pembelajaran mampu berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, peningkatan kualitas proses pembelajaran ditentukan pula oleh kualitas gurunya. Guru yang berkualitas memiliki kemampuan melaksanakan tugasnya dengan tanggungjawab. Dalam pembelajaran yang berkualitas, diperlukan strategi dalam pembelajaran. Adanya strategi pembelajaran mampu mewujudkan pembela jaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 5 dan strategi guru Al-Qur’an Hadits kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang dalam mewujudkan kualitas pembelajaran menggunakan model joyfull learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, wali kelas, dan siswa kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penariakn kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas guru dalam pembelajaan Al-Qur’an Hadits kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang sudah cukup baik, karena memiliki ketercapaian 4 dari 6 domain pembelajaran melalui joyfull learning. Diantaranya adalah penataan lingkungan kelas, penggunaan alat bantu belajar, pengaturan bangku, dan penggunaan gaya dalam penjelasan materi. Sedangkan strategi guru dalam mewujudkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui model pembelajaran joyfull learning siswa kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang yaitu dengan melaksanakan indikator yang telah tercapai, yaitu dengan melakukan penataan lingkungan kelas yang nyaman, menggunakan alat bantu belajar, melakukan pengaturan bangku, dan melakukan proses belajar sambil bemain atau menyelingi pembelajaran dengan humor.
Copyrights © 2025