Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 10 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Oktober

STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING KELAS 5

Siti Hajar (Unknown)
Ali Mahsun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Guru memiliki peran yang penting dalam mewujudkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran berarti bahwa kegiatan pembelajaran mampu berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, peningkatan kualitas proses pembelajaran ditentukan pula oleh kualitas gurunya. Guru yang berkualitas memiliki kemampuan melaksanakan tugasnya dengan tanggungjawab. Dalam pembelajaran yang berkualitas, diperlukan strategi dalam pembelajaran. Adanya strategi pembelajaran mampu mewujudkan pembela jaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 5 dan strategi guru Al-Qur’an Hadits kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang dalam mewujudkan kualitas pembelajaran menggunakan model joyfull learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, wali kelas, dan siswa kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penariakn kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas guru dalam pembelajaan Al-Qur’an Hadits kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang sudah cukup baik, karena memiliki ketercapaian 4 dari 6 domain pembelajaran melalui joyfull learning. Diantaranya adalah penataan lingkungan kelas, penggunaan alat bantu belajar, pengaturan bangku, dan penggunaan gaya dalam penjelasan materi. Sedangkan strategi guru dalam mewujudkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits melalui model pembelajaran joyfull learning siswa kelas 5 MI Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang yaitu dengan melaksanakan indikator yang telah tercapai, yaitu dengan melakukan penataan lingkungan kelas yang nyaman, menggunakan alat bantu belajar, melakukan pengaturan bangku, dan melakukan proses belajar sambil bemain atau menyelingi pembelajaran dengan humor.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...