Usaha menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan pada hotel adalah suatu cara yang diterapkan untuk menjaga area hotel dengan cara pengamatan dan pengawasan kebersihan terhadap lingkungan. Food and beverage department adalah fasilitas untuk memasak makanan bagi tamu hotel, namun di dalam operasional sebuah hotel dapur sangat memegang peranan penting, karena tugas utama dari bagian dapur adalah tempat pengelohan makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Hygiene dan Sanitasi di Stuja Coffee Bali, dan mengetahui standar operasional prosedur (SOP) sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari Stuja Coffee Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara terstruktur dengan Manager of Human Resource Development. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1). Dalam penerapan personal hygiene, yang diterapkan belum memenuhi standar, hal ini disebabkan oleh karyawan dapur yang kurang memperhatikan serta kurang adanya kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan diri sebagai seorang juru masak. (2). Dalam penerapan SOP hygiene dan sanitasi makanan yang diterapkan belum memenuhi standar. Hal ini disebabkan karena karyawan dapur yang kurang memperhatikan dalam penyimpanan bahan makanan kurang maksimal yang digunakan setiap hari. The effort to maintain the health and cleanliness of the environment at the hotel is a method that is applied to protect the hotel area by observing and monitoring the cleanliness of the environment. The Food and Beverage Department is a facility for cooking food for hotel guests, but in the operation of a hotel, the kitchen plays an important role, because the main task of the kitchen is to process food and drinks. The purpose of this study was to determine the implementation of Hygiene and Sanitation at Stuja Coffee Bali, and to find out that standard operating procedures (SOPs) had been carried out in accordance with the guidelines from Stuja Coffee Bali. The method used in this study is a qualitative method, using Documentation and Structured Interview data collection techniques. The type of data collected is interview data with the Manager of Human Resource Development and photos of SOP Hygiene and Sanitation implementation activities. The data collected was analyzed using qualitative descriptive data analysis techniques. The results of this research show: (1). In the application of personal hygiene, what is applied does not meet the standards, this is caused by kitchen employees who pay less attention and lack concern for personal hygiene and health as a cook. (2). In implementing the SOP hygiene and food sanitation that is applied does not meet the standards. This is because kitchen employees do not pay enough attention to storing less-than-optimal food ingredients that are used every day.
Copyrights © 2024