Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 3 No. 8 (2024): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Agustus 2024

Pengaruh Penerapan Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian di Era New Normal

Dwipayana, I Kadek Indra Kresna (Unknown)
Wiyasha, Ida Bagus Made (Unknown)
Susanti, Luh Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh penerapan Marketing Mix terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan pada The Elementum Bali. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menyatakan bahwa (1) Marketing Mix berpengaruh terhadap Keputusan pembelian (Y) pada The Elementum Bali. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 14,142 > Ftabel 3,467 (df1 = 2, df2 = 21) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan Marketing Mix berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian (Y) di The Elementum Bali. (2) Price (X1) secara parsial memiliki pengaruh negatif atau berlawanan arah dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) di The Elementum Bali. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar -3,443 > ttabel (0,05 : 21) = -2,080, sehingga dapat disimpulkan apabila Price (X1) naik maka Keputusan pembelian di The Elementum Bali akan mengalami penurunan, sebaliknya apabila Price (X1) turun maka Keputusan pembelian di The Elementum Bali akan mengalami peningkatan. (3) Promotion (X2) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) di The Elementum Bali. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 4,096 > ttabel (0,05 : 21) = 2,080, sehingga dapat disimpulkan apabila Promotion (X2) meningkat maka Keputusan pembelian di The Elementum Bali juga akan mengalami peningkatan. This study aims to determine the effect of the application of Marketing Mix on purchasing decisions partially and simultaneously at The Elementum Bali. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the analysis state that (1) Marketing Mix has an effect on purchasing decisions (Y) at The Elementum Bali. This is indicated by the Fcount value of 14.142 > Ftable 3.467 (df1 = 2, df2 = 21), so it can be concluded that simultaneously the Marketing Mix has a positive effect on purchasing decisions (Y) at The Elementum Bali. (2) Price (X1) partially has a negative or opposite and significant effect on purchasing decisions (Y) at The Elementum Bali. This can be seen from the tcount value of -3.443 > ttable (0.05: 21) = -2.080, so it can be concluded that if the price (X1) increases, the purchasing decision at The Elementum Bali will decrease; on the contrary, if the price (X1) decreases, the purchasing decision at The Elementum Bali will increase. (3) Promotion (X2) partially has a positive and significant influence on purchasing decisions (Y) at The Elementum Bali. This can be seen from the tcount value of 4.096 > ttable (0.05: 21) = 2.080, so it can be concluded that if Promotion (X2) increases, the purchase decision at The Elementum Bali will also increase.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...