Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh bidang, di antaranya bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang sosial, dan bidang pendidikan. Bidang pendidikan menjadi salah satu bidang yang mengalami dampak paling besar setelah masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi pembelajaran jarak jauh di Sekolah Tinggi Ilmu Administrai Tabalong melalui Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Tatanan Masyarakat yang Produktif dan Aman di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokomentasi, dengan informan berjumlah 7 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis konten atau isi, analisis wawancara, analisis naratif. Penelitian ini menggunakan metode CIPP (context, input, process, product). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas tampilan dan kesesuaian program pembelajaran jarak jauh yang ada di STIA Tabalong sudah cukup sesuai meskipun penentuan sumber dana, strategi dan alternatif untuk mencapai tujuan program masih kurang baik. Beberapa aspek lain seperti pemanfaatan sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh, ketepatan dan kedisiplinan dosen dan mahasiswa/I, serta sikap, kepatuhan dan keterampilan mahasiswa di STIA Tabalong juga secara keseluruhan cukup baik dan sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2021 atas perubahan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang Peningkatan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Tatanan Masyarakat yang Produktif dan Aman di Kabupaten Tabalong. Kata Kunci : Evaluasi, Penanggulangan, Pembentukan Aturan, Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Model evaluasi CIP
Copyrights © 2025