JAPB
Vol 8 No 2 (2025)

THE INFLUENCE OF EMPLOYEE PERFORMANCE ON PUBLIC SERVICE QUALITY AT HIKUN COMMUNITY HEALTH CENTER, TABALONG REGENCY

Salsabila, Mautiya (Unknown)
Suryani, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kualitas layanan adalah kinerja pegawai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong, dan seberapa besar pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu masyarakat yang melakukan pelayanan di Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong. Populasi pada penelitian ini yaitu 386 orang dengan total responden sebanyak 79 Orang. Teknik pengumpulan data yang meliputi, kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif, uji validitas, dan uji realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Puskesmas Hikun, besarnya pengaruh kinerja pegawai sebesar 0,893 terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong dengan persentase sebesar 89,30%, adapun 10,70% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Kata Kunci : Pengaruh, Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...