Dekave : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 15, No 2 (2025): inpress

Re-Desain User Interface/User Experience Aplikasi Mobile Budiman Swalayan

Agustina, Allya Najmi (Unknown)
Ramadhan, Ary (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Munculnya e-commerce telah mengubah cara orang berbelanja, di mana kenyamanan dan kemudahan akses menjadi prioritas utama. Budiman Swalayan ikut memanfaatkan aplikasi berbelanja daring untuk menarik pelanggan dengan menyediakan layanan berbelanja daring yaitu, Budiman COD (Cash On Delivery). Namun, saat menggunakan aplikasinya didapatkan beberapa masalah yang dialami oleh pengguna seperti, penempatan alamat yang tidak biasa, pengisian data diri, dan pencarian produk satu persatu dengan halaman slide yang meresahkan pengguna. Permasalahan tersebut dibuktikan dengan pengujian menggunakan ukuran Single Ease Question kepada dua skenario untuk menggunakan aplikasi Budiman Swalayan. Penilaian dari kedua skenario mendapatkan nilai SEQ keseluruhan 3,75 yang di mana masih di bawah angka 5,5 atau angka keberhasilan dalam penilaian SEQ. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan perancangan ulang desain UI/UX aplikasi mobile Budiman Swalayan. Menggunakan metode design thinking sebagai metode perancangan yang mencakup lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil pengujian dari perancangan ulang yang dilakukan mendapatkan nilai SEQ keseluruhan 5,7 dari tiga ahli media dan 6,28 yang diperoleh dari sepuluh pengunjung budiman swalayan. Di mana nilai-nilai tersebut sudah mencapai keberhasilan dari pengukuran SEQ. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengguna dapat mengoperasikan aplikasi dengan cukup mudah.

Copyrights © 2025