Nagari Andaleh Baruh Bukit merupakan salah satu daerah penghasil gula aren terbesar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, terdapat 98 UMK pengolah gula aren, namun masih terkendala dalam pemasaran produk. Produk hanya dipasarkan ke pasar tradisional, lokal dan belum mengemas produk dengan logo usaha dan kemasaran yang modern. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada agroindustri gula aren di Nagari Baruh Bukit. Metode penelitian deskriptif kuanitatif dan eksplanatori. Sampel peneltian 50 pengusaha Agroindustri Gula Aren dengan metode nonprobability sampling. Analisis data menggunakan model SEM-PLS. Hasil penelitian secara keseluruhan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada agroindustri gula aren di Nagari Andaleh Baruh Bukik, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar. variabel produk , promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan untuk variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Copyrights © 2025