Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 2, No 2 (2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN KOMP. IKIP 1 MAKASSAR ANTARA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP

Muh Yusuf Abdullah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurhasanah Nurhasanah (Pendidkan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ninin Arsini (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Marsaliha Marsaliha (Pendidkan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Musdalifah Musdalifah (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

ABSTRAKPendidikan merupakan  hal yang sangat penting sebagai salah satu pembentuk karakter bangsa yang melibatkan dua pihak yaitu guru dan siswa dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan hasil belajar. Hal ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung proses belajar mengajar yang dialami oleh siswa. Kurikulum merupakan alat yang krusial dalam merealisasikan program pendidikan, baik formal maupun non formal. Pemerintah telah berupaya menyempurnakan sistem pendidikan nasional dengan pembaharuan kurikulum yang merubah tataran paradigma pembelajaran. Namun bertitik tolak dari hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti prestasi belajar siswa kelas V SDN Kompleks IKIP 1 Makassar antara yang menggunakan kurikulum 2013 dengan KTSP. Metode yang digunakan adalah ex post facto menggunakan pendekatan kuatitatif dengan objek penelitian siswa kelas V SDN Kompleks IKIP 1 Makassar tahun ajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel non acak (non random sampling) untuk menentukan sampel dari penelitian ini. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil statistika deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan hampir sama.  Kata kunci : Prestasi Belajar, Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar, Kurikulum 2013,  KTSP.

Copyrights © 2015