Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya capaian hasil belajar akibat dominasi metode ceramah yang monoton dan minim interaksi. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan subjek 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik pada rata-rata nilai maupun ketuntasan belajar setelah penerapan PBL. PBL terbukti mendorong keterlibatan aktif siswa, pengembangan kemampuan berpikir kritis, serta pemahaman materi Bahasa Indonesia secara lebih kontekstual. Temuan ini menguatkan penelitian sebelumnya bahwa PBL efektif diterapkan di sekolah dasar dan direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025