Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Geoboard terhadap pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IV sekolah dasar semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group. Sampel penelitian terdiri atas 28 siswa kelas IV C sebagai kelompok eksperimen yang belajar menggunakan media Geoboard dan 25 siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol yang belajar menggunakan media PowerPoint, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes esai berjumlah 8 soal untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penggunaan media Geoboard terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025