Penelitian ini menguji pengaruh konten Instagram dari akun @satubsd terhadap diseminasi informasi di kalangan pengikutnya. Fenomena disinformasi dan penyebaran hoaks di media sosial menjadi isu penting yang menuntut pengguna bersikap lebih kritis, terutama mengingat bahwa media sosial adalah platform penyebar hoaks tertinggi, maka dari itu pentingnya mendiseminasikan informasi dari akun yang terpercaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 100 responden yang didominasi perempuan (72%) dan berusia 21-25 tahun (75%), hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa konten Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap diseminasi informasi di kalangan pengikut, dengan koefisien regresi 1.552 dan nilai t-hitung 13.607. Uji F juga menegaskan bahwa konten Instagram secara simultan berkontribusi signifikan terhadap penyebaran informasi. Temuan ini memberikan kontribusi pada Teori AISAS, khususnya dalam memahami bagaimana konten dapat terdiseminasi efektif di media sosial, dan menjadi referensi strategis bagi pengelola akun dalam merancang konten yang menarik dan informatif.
Copyrights © 2025