Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara bahasa Arab (maharah al-kalam) siswa dan bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode muhawarah dalam meningkatkannya. Menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan (pre-test dan post-test) serta observasi, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berbicara siswa, di mana nilai rata-rata kelas meningkat dari 39,12 pada pre-test menjadi 72,87 setelah siklus I, dan mencapai 84,47 setelah siklus II. Pada akhir penelitian, seluruh siswa berhasil melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Uji regresi mengonfirmasi bahwa penerapan metode muhawarah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara (p=0,001) dan memberikan kontribusi sebesar 26,5% (R2=0,265) terhadap peningkatannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode muhawarah merupakan strategi pembelajaran interaktif yang efektif untuk membangun kelancaran, kepercayaan diri, dan kompetensi komunikatif siswa dalam bahasa Arab.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025