JURNAL CRANKSHAFT
Vol 8, No 3 (2025): Jurnal Crankshaft Vol. 8 No. 3 (2025)

ANALISIS STRUKTURAL POROS STEERING KNUCKLE MOBIL LISTRIK PROTOTIPE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Khoeron, Slamet (Unknown)
Setiawan, Hera (Unknown)
Qomaruddin, Qomaruddin (Unknown)
Ramadhani, Aufar Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Poros pada steering knuckle merupakan komponen krusial dalam sistem suspensi dan kemudi kendaraan listrik prototipe. Komponen ini harus mampu menahan kombinasi beban statis akibat berat kendaraan serta beban dinamis dari gaya lateral dan pengereman. Penelitian ini menerapkan metode elemen hingga (Finite Element Method/FEM) untuk menganalisis distribusi tegangan dan deformasi pada poros steering knuckle. Pemodelan dilakukan menggunakan perangkat lunak CAD, sementara simulasi FEM dijalankan dengan mempertimbangkan dua skenario pembebanan utama: beban vertikal 3750 N dan lateral 5500 N. Material yang digunakan adalah alloy steel dengan yield strength sebesar 620,8 MPa. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum terjadi pada area sambungan, dengan nilai tegangan Von Mises mencapai 11,63 MPa. Tegangan ini melampaui batas aman material, sehingga diperlukan optimalisasi desain berupa penyesuaian geometri, penebalan area kritis, atau pemilihan material alternatif. Studi ini menegaskan pentingnya analisis numerik dalam pengembangan komponen struktural kendaraan listrik, demi menjamin keandalan, keamanan, dan efisiensi struktural. Kata kunci:  steering knuckle, kendaraan listrik, metode elemen hingga, distribusi tegangan, optimasi desain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cra

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi. Jurnal Crankshaft terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan ...