Pendidikan pada era globalisasi tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga menuntut pengembangan keterampilan sosial siswa agar mampu menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membangun keterampilan sosial siswa kelas V Sekolah Dasar melalui tema kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Ciganjur, Jakarta Selatan, dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek P5 dirancang dan diimplementasikan secara efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa, seperti komunikasi, kolaborasi, empati, hubungan interpersonal, dan pengelolaan konflik. Siswa menunjukkan peningkatan dalam keberanian berbicara, kemampuan mendengarkan, menghargai perbedaan, dan menyelesaikan konflik secara damai. Dengan demikian, P5 tema kewirausahaan terbukti berkontribusi dalam menumbuhkan keterampilan sosial siswa untuk menghadapi perkembangan zaman dan tantangan global.
Copyrights © 2025