Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Analisis Peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SD

Mawaddah, Shafda Sadida (Unknown)
Sarifah, Iva (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga menuntut pengembangan keterampilan sosial siswa agar mampu menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membangun keterampilan sosial siswa kelas V Sekolah Dasar melalui tema kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Ciganjur, Jakarta Selatan, dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek P5 dirancang dan diimplementasikan secara efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa, seperti komunikasi, kolaborasi, empati, hubungan interpersonal, dan pengelolaan konflik. Siswa menunjukkan peningkatan dalam keberanian berbicara, kemampuan mendengarkan, menghargai perbedaan, dan menyelesaikan konflik secara damai. Dengan demikian, P5 tema kewirausahaan terbukti berkontribusi dalam menumbuhkan keterampilan sosial siswa untuk menghadapi perkembangan zaman dan tantangan global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...