Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kue Khas Enrekang Deppa Te’tekan

Rusdin, Rista Astari (Unknown)
Gading, Herlinda (Unknown)
Widiawati, Wilda (Unknown)
Zarina, Zarina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) terhadap keputusan pembelian kue khas Enrekang Deppa Te’tekan. Penelitian dilakukan di Desa Mampu, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data diukur menggunakan skala Likert. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang membeli kue Deppa Te’tekan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, dan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t sebesar 5,057, faktor sosial (X2) sebesar 5,961, faktor pribadi (X3) sebesar 6,207, dan faktor psikologis (X4) sebesar 6,170. Secara simultan, keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kue khas Enrekang Deppa Te’tekan. Temuan ini mengindikasikan bahwa perilaku konsumen dalam membeli produk lokal dipengaruhi oleh kombinasi faktor internal dan eksternal yang saling berinteraksi secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...