Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan mahasiswa jurusan ekonomi syariah dan perbankan syariah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk menggunakan produk dan jasa di perbankan syariah. Gap pada penelitian ini ialah masih rendahnya market sharing dan literasi keuangan syariah. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif pendekatan asosiatif (korelasi) analisis korelasi pearson dengan maksud melihat literasi keuangan syariah menjadi bagian penting dalam pengambilan keputusan mahasiswa untuk menggunakan produk dan jasa di bank syariah. Penyebaran kuesioner dilakukan menggunakan media google form kepada 30 mahasiswa. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa literasi keuangan syariah mahasiswa berdasarkan indikator pengetahuan, kemampuan, sikap dan kepercayaan masih belum optimal. Literasi Keuangan Syariah mahasiswa terkait pemahaman konsep keuangan syariah, produk dan jasa perbankan syariah, cara mengelola keuangan secara syariah, resiko dan manfaat menggunakan produk dan jasa perbankan syariah serta pemilihan produk dan jasa perbankan syariah yang sesuai kebutuhan, secara keseluruhan hanya dipahami oleh 63,33 persen atau 19 mahasiswa, sedangkan 36,67 persen atau 11 mahasiswa lainnya belum memahami hal tersebut. Selain itu, didapati Nilai r sebesar 0,712 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu t hitung (5,373) > t tabel (2,048) yang menunjukkan bahwa variabel X dan Y dalam penelitian ini memiliki hubungan kuat, positif dan signifikan.
Copyrights © 2025