Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank DKI Syariah

Nurhaliza, Jihan (Unknown)
Ilyas, Yusri (Unknown)
Digantara, Muhammad Arya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan factor penting dalam perbankan syariah. Kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah diyakini dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini brtujuan untuk mengungkapkan pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah di PT Bank DKI Syariah Cabang Pembantu Gunung Sahari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh nasabah di PT Bank DKI syariah Cabang Pembantu Gunung Sahari.Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji vadilitas, reabilitas, asumsi klasik, korelasi, regresi linier sederhana dan berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan kepercayaan nasabah berpengaruh kepuasan nasabah. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah penting untuk meningkatkan kepuasan nasbah PT Bank DKI Syariah Cabang Pembantu Gunung Sahari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...