Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SLB YPAC Makassar

Ariski, Nur Auliah (Unknown)
Semmaila, Baharuddin (Unknown)
Hamid, Sanusi (Unknown)
Azhari, Sri Rahayu Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi kurikulum merdeka belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa di SLB YPAC Makassar. Lokasi dalam penelitian ini adalah sekolah swasta SLB YPAC Makassar dengan waktu pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 bulan yaitu pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2025. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa SMPLB SLB YPAC Makassar yang berjumlah 40 siswa. Mengingat bahwa jumlah populasi sangat kecil, maka sampel yang digunakan sampel jenuh, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara melakukan penelitian langsung di lapangan, dengan memberikan kuesioner/lembar pernyataan kepada 40 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...