Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Optimalisasi Media Sosial dan Influencer Sebagai Alat Promosi Efektif Bagi UMKM (Studi Kasus di Kafe Mahakopi Bekasi)

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi media sosial dan influencer sebagai alat promosi efektif bagi pelaku UMKM, dengan studi kasus pada Kafe MAHAKOPI di Bekasi. Dalam era digital saat ini, media sosial dan influencer saat ini telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran digital yang dapat meningkatkan jangkauan pasar dan keterlibatan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha, observasi aktivitas media sosial dan dokumentasi promosi yang dilakukan oleh influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial secara terstruktur melalui kalender konten dan kolaborasi dengan influencer lokal terbukti mampu meningkatkan visibilitas merek, keterlibatan pelanggan serta berdampak positif pada peningkatan jumlah pengunjung dan penjualan produk. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan anggaran promosi dan konsitensi produksi konten, Kafe MAHAKOPI berhasil mengatasinya dengan strategi konten terjadwal dan optimalisasi kolaborasi berkelanjutan dengan micro-influencer. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi pelaku UMKM lain untuk memanfaatkan media sosial dan influencer secara efektif sebagai bagian dari strategi pemasaran digital yang adaptif dan berkelanjutan.            

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...