Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Affiliate Marketing dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Glad2glow di Tiktok Shop

Rosadi, Andri Asoka Sidantara (Unknown)
Khairunisa, Syopi Syahira (Unknown)
Nugraha, Muhammad Sandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2025

Abstract

Studi ini dilakukan di kalangan konsumen yang mengikuti akun glad2glow.indo di platform e-commerce TikTok Shop. Tujuan studi ini adalah untuk mengukur pengaruh pemasaran afiliasi dan siaran langsung terhadap keputusan pembelian, baik secara terpisah maupun secara kombinasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Unit analisis dalam studi ini adalah individu, yaitu pengikut dan pengguna produk perawatan kulit Glad2glow di aplikasi TikTok Shop. Sampel studi mencakup 97 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu sebagai metode sampling. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda, selain pemeriksaan validitas dan reliabilitas alat penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan, dari variabel independen (Affiliate Marketing dan Live Streaming) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Pengaruh Affiliate Marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 24,42%, sementara pengaruh Live Streaming mencapai 28%. Secara keseluruhan, pengaruh Affiliate Marketing dan Live Streaming terhadap keputusan pembelian sebesar 52,4%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...