Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Halal Brand Personality dan Storytelling Marketing terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung

Sholihah, Nihayatus (Unknown)
Huda, Miftahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Pariwisata halal merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat di Indonesia seiring meningkatnya jumlah wisatawan Muslim global. Kabupaten Malang, sebagai salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur, memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata halal melalui penguatan identitas destinasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Halal Brand Personality dan Storytelling Marketing terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung wisatawan pada destinasi wisata halal di Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang disebarkan secara langsung kepada 96 responden, ditentukan dengan teknik insidental sampling. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Halal Brand Personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung, demikian pula dengan Storytelling Marketing. Namun, keduanya tidak berpengaruh langsung terhadap Keputusan Berkunjung. Sebaliknya, Minat Berkunjung terbukti berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung dan berperan sebagai variabel mediasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi penguatan citra halal dan narasi Islami efektif dalam meningkatkan minat wisatawan, namun konversi ke keputusan kunjungan masih dipengaruhi faktor lain seperti harga, aksesibilitas, dan rekomendasi sosial.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...