Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Permainan Tradisonal Lompat Tali terhadap Keterampilan Motorik Siswa Kelas III SDN Kesaud

Wijaya, Sastra (Unknown)
Oktaviani, Anna Maria (Unknown)
Setiawan, Hendi Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan keterampilan motorik siswa kelas 3 di SDN Kesaud. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada menurunnya aktivitas fisik anak-anak akibat dominasi permainan digital dan pentingnya melestarikan permainan tradisional sebagai warisan budaya yang memiliki nilai edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas 3 yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi berupa permainan lompat tali selama 8 minggu dengan frekuensi 3 kali seminggu, masing-masing 30 menit. Instrumen yang digunakan adalah Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2) untuk mengukur keterampilan motorik kasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan motorik kelompok eksperimen dengan nilai t-hitung 7,84 > t-tabel 2,00 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tradisional lompat tali efektif meningkatkan keterampilan motorik siswa kelas 3, khususnya dalam aspek keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...