Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan Guru mata pelajaran PPKn pada penguatan kesadaran politik siswa SMA Negeri 1 Kuta Baro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, yang dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh Guru mata Pelajaran PPKn yaitu diskusi dan resitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru mata pelajaran PPKn memiliki peran penting dalam penguatan kesadaran politik pada siswa melalui penyampaian materi yang mengaitkan situasi politik terkini, menciptakan ruang dialog yang terbuka, pembimbing literasi politik dan informasi, motivator keterlibatan politik siswa, serta peningkatan efektivitas pembelajaran dan Pembina kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung politik siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas di dalam pembelajaran antara lain kompetensi dan gaya mengajar guru, keterlibatan siswa, penggunaan media pembelajaran yang relevan, serta lingkungan sekolah yang mendukung. Penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa penguatan kesadaran politik siswa melalui pembelajaran PPKn sangat dipengaruhi akan peran aktif guru dan dukungan lingkungan pendidikan yang kondusif.
Copyrights © 2025