YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen di Indomaret Grand Kahuripan

Laras, Laras (Unknown)
Zaharuddin, Zaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujii pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan terhadap minat beli konsumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 349 responden. Instrument penelitian ini telah diuji validitas dan realibilitasnya dengan menggunakan uji korelasi pearson dan Cronbach’s Alpha yang dilakukan, diketahui kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pengaruh kualitas dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.Hasil analisis yang dilakukan peneliti dari pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli konsumen di indomaret Grand kahuripan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t bahwa nilai Signifikan 0.000 < 0.05 maka menunjukan diterimanya hipotesis yang menyatakan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Kepuasan pelanggan secara parsial dan positif terhapa minat beli konsumen dapat dibuktikan dari hasil uji t bahwa nilai Signifikan 0.000 < 0.05 maka menunjukan hipotesis yang menyatakan kualitas pelayanan berpengaruh penting terhadap minat beli konsumen. Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap minat beli konsumen hal ini dibuktikan dari hasil uji F. 241.922 lebih besar dari f table 0.306 hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan maka semakin berpengaruh terhadap minat beli konsumen.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berdampak langsung pada minat beli konsumen di indomaret Grand kahuripan.. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Konsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...