Masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada peningkatan kemampuan membaca siswa melalui media Literacy Cloud pada siswa kelas IV di SDN 3 Bilato Kabupaten Gorontalo?”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes membaca dan dokumentasi dengan subjek penelitin siswa kelas IV di SDN 3 Bilato Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan observasi awal dari 21 siswa 10 siswa atau 47% siswa masih kurang dalam membaca. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil pelaksanaan tindakan kelas siklus I sebanyak 2 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Hal ini dibuktikan pada pertemuan pertama siklus I capaian 21 siswa dalam membaca memperoleh 32% atau 7 siswa yang meningkat dalam membaca. Siklus I pertemuan 2 dalam membaca siswa memperoleh 43% atau 10 siswa meningkat dalam membaca. Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 13 siswa atau 69% dalam membaca. Pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan membaca siswa meningkat menjadi 94% atau 19 siswa sudah mampu dalam membaca. Dengan demikian, melalui media Literacy Cloud dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV di SDN 3 Bilato.
Copyrights © 2024