Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 15 No 2 (2022)

Wisata Literasi Siswa (WLS) SDN Sukorambi 01 Jember untuk Meningkatkan Kepedulian dan Percaya Diri

Sudarwati, Sudarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Student Literacy Tour in SDN Sukorambi 01 Jember for Improving Awarness and ConfidenceABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kepercayaan diri siswa SDN Sukorambi 01 Jember dalam menulis pantun melalui Program Wisata Literasi Siswa (WLS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan berdasarkan analisis masalah dari ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) di SDN Sukorambi 01 Jember. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis, S. & Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/monitoring dan 4) refleksi. Dari hasil penelitian, ditunjukkan bahwa program WLS dapat meningkatkan kepedulian dan kepercayaan diri siswa melalui menulis pantun. WLS dilakukan dengan mengajak siswa mengunjungi lingkungan sekitar untuk mengapresiasi lingkungan yang dijadikan objek. Peningkatan hasil program WLS ditunjukkan pada kenaikan skor ketercapaian program WLS pada siklus I dari rata-rata skor 70 naik menjadi rata-rata skor 90 pada siklus II. Kata kunci: Wisata Literasi Siswa, Pantun, Tingkat Kepedulian Siswa, Tingkat Kepercayaan Diri Siswa, Penelitian Tindakan Sekolah ABSTRACTThis study aims to increase the awareness and confidence of SDN Sukorambi 01 Jember students in writing poems through Wisata Literasi Siswa (WLS) Programs. This research is a school action research which was conducted based on problems analysis of the graduate competence standard achievement in SDN Sukorambi 01 Jember. This study uses an action research model developed by Kemmis, S. & Mc. Taggart consists of four stages, namely 1) planning, 2) implementation, 3) monitoring, and 4) reflection. Based on the research results, it is revealed that the WLS program can increase students' awareness and confidence through writing poems. WLS is held by inviting students to visit the surrounding environment to appreciate the environment which is used as an object. The increase in the WLS program results is shown in the increase in the WLS program achievement score. In the first cycle, it achieved from an average score of 70 increase to an average score of 90 in the second cycle. Keyword: Student Literacy Tour, Pantun, Student Awareness, Student Confidence, School Action Research

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Stilistika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa ...