Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Smart box serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di Madrasah Ibtidaiyah YPI Batang Kuis. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa yang dipengaruhi keterbatasan media belajar konvensional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media Smart box divalidasi oleh ahli materi dan media, dengan hasil validasi masing-masing 85% (sangat valid) dan 75% (valid). Uji kepraktisan yang melibatkan guru dan siswa menunjukkan hasil 88,57% (sangat praktis). Selanjutnya, uji keefektifan dilakukan melalui tes pre-test dan post-test, di mana hasil perhitungan N-Gain berada pada rentang 0,750,88 atau setara 75%88% dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menggunakan Smart box. Dengan demikian, media ini tidak hanya praktis dan layak digunakan, tetapi juga efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini diharapkan memberikan alternatif media pembelajaran kreatif dan interaktif yang relevan untuk diterapkan di sekolah dasar, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025