Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 5 (2025): Oktober - November 2025

ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN RETAIL DI ERA DIGITAL

Lokot Muda Harahap (Unknown)
Rizky Nur Ramadhan Sitorus (Unknown)
Adnan Nirwanda Sitompul (Unknown)
Agung Benedictus Kurniawan Marpaung (Unknown)
Novli Agustinus Sibuea (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan strategis dalam meningkatkan kinerja perusahaan retail di era digital. Transformasi digital telah mengubah lanskap bisnis retail secara fundamental, menuntut perusahaan untuk mengadopsi strategi baru yang relevan dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka dengan menganalisis berbagai literatur ilmiah, artikel jurnal, dan publikasi terkait perencanaan strategis dan kinerja perusahaan retail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis yang efektif di era digital harus mencakup integrasi teknologi digital, omnichannel strategy, customer experience management, dan pengembangan sumber daya manusia. Implementasi perencanaan strategis yang tepat terbukti dapat meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan daya saing perusahaan retail. Penelitian ini merekomendasikan perusahaan retail untuk mengadopsi pendekatan strategis yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan teknologi digital

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...