Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan dari profesional guru, motivasi kerja ,disiplin kerja dan kinerja guru SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan profesional guru, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian 42 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinan, pengujian hipotesis t dan F. Hasil penelitian Indikator yang dominan dari kinerja guru didapatkan pada perencanaan pembelajaran dengan nilai sebesar 76,80%, profesional guru memiliki indikator dominan fisik dengan nilai sebesar 85,20%, motivasi kerja memiliki indikator dominan need for power (perlu tenaga) dengan nilai sebesar 78,40% dan disiplin kerja indikator dominan keadilan dengan nilai sebesar 79,20%, profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan profesional guru, motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025