ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2024): Juni

Penerapan Digital Marketing terhadap Pedagang UMKM

Asnawati, Asnawati (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)
Angraini, Devyta (Unknown)
Khoirunnisa, Eka (Unknown)
Putri A S, Nur Santhy (Unknown)
Nurlisa, Nurlisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Saat ini, Indonesia telah memasuki era digital. Oleh karena itu, penerapan digital marketing sangat penting bagi orang-orang yang menjalankan bisnis untuk mempromosikan produknya dan memperluas pasarnya. Namun, masih ada orang yang menjalankan bisnis yang tidak menyadari pentingnya menerapkan digital marketing dalam bisnis mereka. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode edukasi publik dan mediasi. Edukasi masyarakat yang dimaksud adalah memberikan pemahaman kepada UMKM "Sempol Ndeso" mengenai penerapan digital marketing (media sosial seperti facebook) dan pemahaman tentang perangkat promosi seperti standing banner. Kemudian, metode mediasi adalah menjadi mediator antara UMKM "Sempol Ndeso" dan pihak Gojek. Hasil dari layanan ini adalah UMKM "Sempol Ndeso" telah menerapkan digital marketing dalam bentuk promosi di media sosial seperti Facebook dan menjadi mitra Gojek, juga mereka menggunakan standing banner sebagai alat promosi fisik. Dengan cara ini, UMKM "Sempol Ndeso" dapat memperluas pasarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimu

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ilmiah di bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, diterbitkan dua kali setahun. Juni dan ...