Perkembangan teknologi informasi telah memengaruhi pengelolaan data pendidikan melalui sistem informasi manajemen, salah satunya Education Management Information System (EMIS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi EMIS di MAN 1 Aceh Timur serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif interaktif dengan studi kasus, melibatkan kepala madrasah, operator EMIS, dan pihak terkait sebagai informan. Analisis dilakukan menggunakan metode SWOT dan value chain untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman implementasi sistem. Hasil penelitian menunjukkan EMIS memiliki potensi meningkatkan efektivitas pengelolaan data, integrasi informasi, dan mendukung pengambilan keputusan. Namun, sistem mengalami kendala teknis, terutama gangguan server dengan frekuensi bervariasi setiap bulan, puncaknya terjadi pada Maret dan Juli masing-masing 5 kali, dengan durasi rata-rata meningkat dari 1,8 jam di Januari menjadi 2,5 jam di Juli dan terendah 1,0 jam di April. Evaluasi menekankan perlunya peningkatan infrastruktur, pelatihan operator, dan koordinasi antar pihak terkait untuk mengoptimalkan kinerja EMIS di masa depan.
Copyrights © 2025